Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Sabtu, 28 April 2012

MUKJIZAT


1. Pengertian Mukjizat
Menurut bahasa mu'jizat berarti sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. menurut istilah, mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri Nabi atau Rasul Allah Swt dalam rangka membuktikan bahwa dirinya adalah nabi atau rasul Allah swt yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.
Lazimnya, nabi atau rasul menampakkan mu'jizatnya hanya pada saat saat yang sangat dibutuhkan, misalnya untuk membela diri atau menjawab tantangan orang-orang kafir. Dalam al-Quran atau hadits, tidak terdapat kata-kata mu'jizat. Dalam al-Quran hanya disebutkan kata-kata ayat atau burhan, yang berarti bukti atau keterangan yang jelas.
Allah Swt berfirman "Jika Kami menghendaki niscaya Kami turunkan kepada mereka mu'jizat dari langit, yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya"QS. As-Syu'ara /26:4.
Setiap muslim wajib mempercayai mu'jizat yang dimiliki nabi dan rasul Allah Swt. Mengingkari adanya mu'jizat para rasul hukumnya kafir. Mengingkari mu'jizat Rasul berarti mengingkari ayat-ayat al-Quran dan sekaligus mengingkari al-Quran itu sendiri.
B. Al-Quran Sebagai Mu'jizat Nabu Muhammad Saw Yang Abadi
Sebagai Rasul yang diistimewakan oleh Allah Swt, Muhammad Saw dibekali dengan brbagai macam mu'jizat. Dan mu'jizat Nabi Muhammad Saw yang terbesar dan abadi adalah al-Qur'an.
Kemu'jizatan al-Quran dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya :
a. Dari segi gaya bahasa (uslub) yang begitu indah pada setiap surat dan ayat.
b. Bahasa yang unik. Meskipun al-Qura'an berbahasa Arab, namun susunannya asing berbeda dengan susunan bahasa orang Arab.
c. Dari isi kandungannya, tidak ada kontradiksi antara ayat yang satu dengan ayat yang lain.
d. Al-Quran telah membangkitkan umat, memperbaharui masyarakat dan menyusun generasi yang belum pernah tampil dalam sejarah.
e. Berbeda dengan mu'jizat nabi-nabi yang sebelumnya yang bersifat inderawi, mu'jizat al-Quran b berupa mu'jizat ruhiyah yang rasional, yang dapat dibuktikan kebenarannya sepanjang masa.
e. Berita yang berupa janji Allah yang terdapat didalam al-Quran selalu tepat dan tak pernah meleset.

0 komentar:

Posting Komentar